1. Apa yang dimaksud dengan
pemasaran?
Jawab :
Menurut Stanton (2001), definisi pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari definisi tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila ingin mendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus secara penuh tanggung jawab tentang kepuasan produk yang ditawarkan tersebut. Dengan demikian, maka segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.
2. Mengapa pemasaran sering disebut juga sebagai permintaan?
Jawab :
Umumnya orang
beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian
pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan
perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena biasanya suatu
organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi permintaan produk yang
ringkasannya berbeda-beda. Pada suatu saat mungkin tidak ada permintaan
terhadap produknya, mungkin permintaannya cukup, permintaannya tidak teratur
atau terlalu banyak permintaan, sehingga manajeman pemasaran harus mencari jalan
untuk mengatasi keadaan permintaan yang berubah-ubah ini.
Jadi, manajeman
pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan
permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat tertentu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, implementasi dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun
dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran berupaya mempengaruhi
tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu pencapaian
tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
Jawab
:
a)
Kebutuhan adalah fungsi dasar atas sesuatu yang secara esensial diperlukan. Contoh
:
1. Kebutuhan
manusia untuk makan agar dapat memenuhi nutrisi
2. Kebutuhan manusia untuk berpakaian
b) Keinginan adalah semua fungsi tambahan yang jika tidak ada sebenarnya tidak mengganggu hidup anda akan tetapi anda mengharapkan untuk bisa mendapatkan fungsi tambahan tersebut. Contoh :
1. Keinginan
manusia untuk membeli gadget mahal
2. Keinginan
manusia untuk membeli perhiasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar