1. Apa yang dimaksud
dengan bisnis?
Jawab :
Bisnis adalah usaha menjual
barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau
organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah
memperoleh keuntungan/laba(profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis untuk
mendapatkan laba/keuntungan.
Terima kasih kepada
: http://japandiadam.wordpress.com/2012/09/29/apakah-yang-dimaksud-dengan-bisnis/
2. Sebutkan dan
jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia!
Min.7.
Jawab :
1.Investasi
Investasi adalah penggunaan sumber-sumber
untuk menciptakan modal baru. Investasi bisa berupa barang atau benda. Dengan
investasi tersebut, perusahaan akan mempunyai modal yang akan digunakan untuk biaya
operasional. Sejumlah uang tersebut dapat dibelanjakan untuk membeli peralatan,
bangunan, dan persediaan. Fungsi dan pengaruh investasi sangat berlipat ganda (multiplier).
Contoh : klien yang menaruh uangnya diperusahaan untuk berkembang dan investasi
tersebut digunakan untuk modal.
2.Pemerintah
Pemerintah juga dapat berperan sebagai
pengelola sistem bisnis. Dapat terjadi bahwa apa yang dipinjam lebih besar dari
apa yang diterima. Jika ini terjadi, berarti pemerintah mengalami defisit.
Pembelanjaan yang defisit ini dapat menjadi masalah dan dapat juga tidak
menjadi masalah tergantung dari situasi apakah dapat mendukung terjadinya
inflansi. Pemerintah, melalui kebijaksanaan fiskal atau moneter dapat
mempengaruhi kegiatan bisnis. Contoh : adanya pajak dari pemerintah.
3.Lingkungan Ekonomi
Pasar membutuhkan daya beli seperti halnya
orang banyak. Daya beli keseluruhan merupakan fungsi dari pendapatan saat itu,
harga, tabungan dan kredit yang tersedia. Perusahaan perlu menyadari keempat
kecenderungan itu, dalam lingkungan ekonomi. Lingkungan ekonomi yang
mempengaruhi bisnis perusahaan, di antaranya adalah tingkat pendapat per
kapita, kebijakan kebijakan pemerintah (fiskal, moneter, perdagangan luar
negeri, dan neraca pembayaran), siklus bisnis (masa ekonomi cerah atau suram),
munculnya pasar bebas dan kerja sama regional (blok blok ekonomi seperti NAFTA,
MEE), perjanjian/peraturanperaturan internasional, kekuatan ekonomi utama,
pergerakan modal, pergerakan investasi langsung, dan perubahan persaingan.
Contoh : keadaan pasar , apa yang diminati sekarang-sekarang ini yang menjadi
daya peningkat akan suatu bisnis.
4.Lingkungan Teknologi
Kekuatan yang paling dramatis yang membentuk
nasib manusia adalah teknologi. Teknologi telah menghasilkan karya mengagumkan
seperti penisilin, pembedahan jantung, dan pil pembatas kelahiran. Teknologi
telah menghasilkan berkah seperti mobil, permainan video dan roti putih. Sikap
seseorang terhadap teknologi tergantung pada apakah seseorang lebih terpikat
dengan faedah positifnya yang mengagumkan atau akibatnya yang mengerikan.
Setiap teknologi baru merupakan satu kekuatan untuk “penghancuran kreatif”. Transistor melumpuhkan industri tabung gelas hampa udara, fotokopi melumpuhkan perusahaan kertas karbon, mobil melumpuhkan kereta api, televisi dan video melumpuhkan bioskop. Industri tua tidak bergerak menuju ke sesuatu yang baru, malah menolak atau mengakibatkannya, dan usaha mereka merosot.
Dari uraian di atas apabila perusahaan ingin meraih kesuksesan maka perusahaan tersebut harus membangun kompetensi teknologinya sebagai pusat keunggulan. Produk yang baik dengan dukungan kompetensi dalam teknologi akan menghasilkan tawaran produk yang benar benar selaras dengan kebutuhan pasar, sehingga produk tersebut benar benar akan diterima oleh konsumen. Contoh : Perkembangan IPTEK dalam berbagai macam hal.
Setiap teknologi baru merupakan satu kekuatan untuk “penghancuran kreatif”. Transistor melumpuhkan industri tabung gelas hampa udara, fotokopi melumpuhkan perusahaan kertas karbon, mobil melumpuhkan kereta api, televisi dan video melumpuhkan bioskop. Industri tua tidak bergerak menuju ke sesuatu yang baru, malah menolak atau mengakibatkannya, dan usaha mereka merosot.
Dari uraian di atas apabila perusahaan ingin meraih kesuksesan maka perusahaan tersebut harus membangun kompetensi teknologinya sebagai pusat keunggulan. Produk yang baik dengan dukungan kompetensi dalam teknologi akan menghasilkan tawaran produk yang benar benar selaras dengan kebutuhan pasar, sehingga produk tersebut benar benar akan diterima oleh konsumen. Contoh : Perkembangan IPTEK dalam berbagai macam hal.
5.Faktor Persaingan Pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali
bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka
mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis
harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan
pesaingnya. Contoh : bisnis di penjual minuman pasti sangat bersaingan antara
pembisnis minuman yang bermerk A dan bermerk B.
6.Faktor Jenis Bisnis
Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat
terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih
bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis
tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh
masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus
mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan
bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Contoh : memilih bisnis yang akan
laku di kalangan masyarakat seperti menjual barang-barang kebutuhan primer.
7.Faktor Kondisi Negara
Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa
kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara.
Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Contoh
: saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis
yang sedang dijalani.
8.Faktor Sumber Daya Manusia
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan
menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil,
kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah,
mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai
mengolah bisnisnya. Contoh : melakukan pelatihan kepada para pekerja agar
setiap pekerja menjadi SDM yang bermanfaat.
9.Faktor Alam
Jika alam tidak bersahabat dengan kita tentu
kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Contoh : adanya bencana banjir, tanah
longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat bisnis yang
sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan merusakya.
10.Faktor Lingkungan Politik/Hukum
Keputusan-keputusan perusahaan sangat
dipengaruhi oleh perkembangan dalam lingkungan politik/hukum. Lingkungan ini
terbentuk oleh hukum hukum, lembaga, pemerintahan, dan kelompok penentang yang
mempengaruhi dan membatasi gerak gerik berbagai organisasi dan individu dalam
masyarakat. Hal-hal seperti siapa yang berkuasa di suatu negara, bagaimana ia
menjalankan pemerintahannya, apa peran dan kekuasaan yang dimiliki oleh pelaku
pelaku dalam percaturan politik suatu negara dan bagaimana dampaknya terhadap
pemilik usaha dan penciptaan profit oleh pengusaha, bagaimana peran pelaku
ekonomi dalam negara tersebut, serta bagaimana distribusi pendapatan yang ada;
merupakan faktor faktor penentu peluang dan ancaman bisnis di dalam suatu
negera. Masyarakat Indonesia saat ini sedang berada dalam masa transisi.
Artinya, masyarakat Indonesia pada saat ini sedang bergerak dari masyarakat
agraris ke masyarakat industri.
11.Faktor Ketepatan Produk atau Kecocokan
Produk
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di
Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau
keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli
konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan
bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang
berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka
harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun
dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus
memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang
harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan kualitas produk
yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan
kualitas barang yang diproduksinya. Contoh : memilih yang mana menjadi bisnis
yang tepat di setiap kalangan manusia.
Terima kasih kepada : http://josephinejoe.wordpress.com/2012/10/19/faktor-yang-mempengaruhi-iklim-bisnis-di-indonesia/
3. Seberapa besar
bisnis tersebut berpengaruh dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan min.100 kata.
Jawab :
Menurut saya, bisnis
tidak akan pernah jauh dari kehidupan manusia. Setiap
hari dan setiap saat semua orang pasti sedang berperan dalam kehidupan bisnis
mereka masing-masing baik di sadari maupun tidak. Dengan begitu, bisnis juga
dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam berbagai cara. Bisnis mengajarkan kita untuk melakukan suatu
pekerjaan dengan memperoleh laba atau keuntungan. Saat ini kita sering sekali
mendengar bahwa trend media sosial seperti twitter dan facebook sudah seperti hal
yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Dari situ juga para penyedia
layanan memberikan kesempatan untuk memudahkan kita berkomunikasi dengan orang
lain. Dalam media facebook sekarang banyak sekali yang bertransaksi di media
jaringan sosial tersebut, yang sering kita dengar dengan kata “Online shop”.
Disitu kita bisa melakukan transaksi jual beli atau bisnis dengan mendapatkan
suatu keuntungan yang besar. Itulah
pengaruh bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin yang saja jelaskan diatas
merupakan contoh kecil dari bisnis, masih banyak lagi bisnis-bisnis yang besar
yang dilakuan oleh suatu organisasi maupun perusahaan. Mungkin tanpa bisnis
kita tidak bisa menjalakan hidup dengan baik, karena bisnis sangat berperan
penting bagi kehidupan kita dan berperan erat dalam kehidupan sehari-hari.
Bisnis memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan masyarakat terutama
dalam bidang lapangan pekerjaan, dengan adanya bisnis memungkinan pengangguran
untuk mendapatkan pekerjaan selain itu juga meningkatkan kreatifitas dalam
mengembangkan suatu inovasi baru. Jadi pada intinya bisnis sangat berperan
penting dalam kehidupan sehari-hari karena kita mempunyai keterikatan dengan
bisnis itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar